Go-Jek VS Grab-Bike, apa bedanya?

Gojek
GO-JEK adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. GO-JEK bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.
IMG_1975

Go-Jek memiliki empat service yang ditawarkan, yaitu Instant Courier, Transport, Go-Food dan Shopping.
Instant Courier adalah jasa pengiriman dokumen ataupun barang dari satu tempat ke tempat lain dimana masih berada di dalam jangkauan Go-Jek.
Transport adalah jasa antar customer seperti Ojek pada umumnya, namun yang membedakan dengan jasa ojek lainnya adalah cara memesan ojek. Go-Jek menggunakan GPS dengan jangkauan + 5 meter dari area GPS handphone kita berada.
Go-Food adalah jasa pemesanan makanan (baik halal maupun haram) di area yang di jangkau. Dan hebatnya lagi, kita dapat pesan berapa pun jumlahnya dan akan kita bayar sewaktu makanan diantar oleh Driver Go-Jek.
Shopping adalah jasa pembelian barang (khususnya mall) di area yang di jangkau. Sama seperti Go-Food, service ini menyediakan fasilitas untuk membayar barang belanjaan saat barang sudah diantar ke customer.

IMG_1974

Fitur lainnya adalah : My Wallet
Go-Jek sadar jika orang modern prefer menggunakan transaksi yang cashless dari pada transaksi pada umumnya. Oleh sebab itu, Go-Jek menyediakan menu My Wallet demi mengakomodir biaya transportasi yang dikeluarkan oleh customer.
Credit dapat dilakukan dengan cara transfer sejumlah dana ke rekening BCA.
BTW, Jika ada para pembaca yang membutuhkan credit awal, dapat menggunakan credit yang aku punya
543691963IMG_1976
Cara melakukan request Go-Jek (spesifik service TRANSPORT)
1. Lihat, apakah ada Drivers yang ada di jangkauan kita.
2. Isi tempat asal (spesifik lokasi) kita saat akan di jemput
3. Isi tujuan kita untuk diantar
4. Pilih NEXT untuk melanjutkan proses Booking.
5. Tunggu sampai adanya konfirmasi dari Go-Jek.
Pengalaman, membutuhkan waktu 10-15 menit untuk menunggu di approve karena keterbatasan driver Go-Jek.
IMG_1977Nilai Plus dari Go-Jek :
Setiap Customer diberikan Hair Cover, Masker dan Helm dengan Standart Go-Jek.

Grab-Bike
Grab-Bike adalah sebuah layanan transportasi motor atau lebih dikenal dengan ojek di Jakarta. Jakarta adalah kota ketiga yang mengoperasikan GrabBike, setelah Ho Chi Minh dan Hanoi di Vietnam.Ā 
IMG_1970
Beberapa fitur keamanan kunci dalam GrabBike adalah rute perjalanan yang dapat dilacak secara langsung dan identitas pengemudi (nama, plat nomor, nomor ponsel serta foto diri) yang dapat segera diketahui saat pengguna melakukan pemesanan.
Pengguna juga dapat membagikan detail informasi perjalanan kepada orang-orang terdekatnya secara real-time melalui fungsi Share My Ride yang terdapat di aplikasi GrabTaxi.

IMG_1971GrabBike memiliki fitur counter jumlah driver yang ready di sekitar kita (hal ini tidak dilakukan oleh kompetitor di bidang ini). Dan setelah kita input asal dan tujuan,kita diminta untuk memilih NEXT.Ā  Setelah itu, kita akan mendapatkan feedback data plat nomor motor yang ada di sekitar kita. Tidak hanya itu, bidding dari system GrabBike ke driver yang ada dijangkauan customer pun ditunjukan secara detail ke customer.
grabBike
Setelah diapprove oleh driver GrabBike, Applikasi akan mengirimkan email ke alamat email yang terdaftar di Aplikasi GrabTaxi.
IMG_1972
Kita akan mendapatkan data detail mengenai Pengemudi (beserta plat nomor motor) yang akan menjemput kita dengan data-data rincian pesanan.
IMG_1973
Tidak hanya email mengenai pesanan kita, namun GrabTaxi dengan fitur GrabBike ini memberikan E-Receipt secara detail ke email kita.
IMG_1967
Berikut bagi orang-orang yang membutuhkan referral code untuk menggunakan Go-Bike tersebut :)Nilai Plus dari GrabBike :
Setiap Customer diberikan Helm dengan Standart GrabBike.

Secara gambaran Umum, berikut perbedaan Go-Jek dan GrabBike
Gojek vs Grabbike

Secara Obyektif, menurut saya, Driver Go-Jek jauh memiliki Attitude yang jauh lebih baik dibandingkan dengan GrabBike. Namun, App GrabBike jauh lebih informatif dibandingkan dengan Go-Jek dan GrabBike dapat menshare perjalanan (rute,dkk) kita ke kerabat atau saudara customer. Tapi kurang cocok untuk customer yang menyukai transaksi cashless šŸ™‚

Untuk mengetahui perubahan lebih significant, kita dapat merasakan sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s